Oleh: hadir4hm4n | 29 Mei 2008

Nomor Satukan Pendidikan

Kebangkitan Nasional adalah semacam pencerahan yang berkembang di Asia terutama di awal abad ke-20 yang menimbulkan tentang nasionalisme.

Kebangkitan di Indonesia terjadi atau dimulai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908 dan sampai saat ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Timbulnya pergerakan atau kebangkitan nasional tidak terlepas dari kebijakan baru yang dibuat pemerintah Belanda dan terkenal dengak Politik Etis atau Utang Budi.

Politik Etis itu pun timbul karena adanya protes atau ketidaksenangan dari orang-orang Belanda sendiri melihat kelakuan pemerintah Hindia Belanda terhadap pribumi yang sangat menyiksa, contoh kerja paksa. Aspirasi itu didengar dan diketahui oleh pemerintah Belanda, sehingga Ratu Wilhelmina memerintahkan pemerinah Hindia Belanda agar balas budi dengan pribumi yang telah memberikan kemakmuran dan kesejahteraan pada negeri Belanda.

Salah satu tuntutan dari politik etis itu adalah akan pentingnya pendidikan, selain emigrasi dan irigasi. Oleh karena itu dibangunlah sekolah-sekolah. Tapi kebanyakan pribumi hanya bisa mengenyam pendidikan rendah, dan sebagian lagi yang bisa sekolah tinggi semacam dr. Soetomo, dr. Wahidin dan yang lainnya juga kecewa karena mendapat perlakuan berbeda dari pemerintah dalam hal pekerjaan. Berawal dari kekecewaan dan keinginan untuk memamajukan pendidikan maka kaum elite penidikan ini mendirikan organisasi untuk memperjuangkan itu. Budi Utomo jadi pelopor organisasi pergerakan nasional, setelah itu bermunculan organisasi-organisasi lain yang memperjuangkan hak bangsa Indonesia.

Kalau kita lihat sejarah, memang pendidikan itu sangat penting, terbukti kaum elite pendidikan lah yang menjadi penggerak dari pergerakan dan kebangkitan nasional. Kita lihat saat ini mutu pendidikan dan sumber daya manusia kita rendah, kita harus sadar bahwa kita harus membenahi itu agar kita bisa maju, karena bangsa yang maju tidak karena bangsa itu kaya sumber daya alam, tapi bangsa yang maju itu adalah bangsa yang kaya akan sumber daya manusia yang berkualitas. Jadi, harapan dalam kebangkitan nasional ini adalah agar bangsa ini serta para aparat yang diserahi amanah unutk mengurus negeri ini agar memperhatikan, meningkatkan dan menomorsatukan pendidikan.


Responses

  1. umpat berkunjung z dulu lah..mari kita tingkatkan pendidikan kita bro

  2. Mun pn jd bupati Tapin u jd Team Sukses. Mun pendidikan visi misinya…salut buat Adut. Terus menulis..oke

  3. utamakan pendidikan bos ai…itu yang paling penting…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: