Oleh: hadir4hm4n | 4 Juli 2008

Antropologi: Akulturasi

Hadi_eR Mar 31st, 2008 at 10:01 am

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Akulturasi, perpaduan antara unsur-unsur kebudayaan asli dengan unsur-unsur kebudayaan asing yang datang kemudian. Kedatangan unsur-unsur kebudayaan asing ini tidak semua disambut baik oleh orang-orang yang didatangi. Ada masyarakat yang menolak, biasa disebut masyarakat atau orang-orang “kolot”, dan ada juga yang menerima, tapi tidak menerima semua, tetap dipilah-pilah mana yang baik dan mana yang tidak baik dan mana yang sesuai dengan keadaan setempat dan mana yang tidak sesuai.
Bentuk kebudayaan asing yang datang juga berbeda-beda, tergantung orang yang membawanya atau agent of acculturation-nya. Apabila yang membawa adalah para penyebar agama, maka unsur keudayaan yang masuk berkenaan dengan hal-hal religius. Apabila para pedagang, maka tentang hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi.
Akuturasi ini akan tetap berlangsung selama interaksi masih terjadi, tentunya sampai akhir zaman nanti.


Responses

  1. di negeri kita tercinta ini memeng kerap terjamah budaya asing. apalagi budaya yang dampak negatifnya masih menyelimuti sampai sekarang,di anataranya budaya barat. dalam tugas bahasa indonesia saya yakni tugas pembuatan karya ilmiah. saya meneliti dampak akulturasi budaya asing,khususnya terhadap siswa siswi di tempat saya sekolah. terpersentese sekitar 80% menyisakan dampak yang negatif. apalagi bagi para remaja yang masih labil dan mudah terbawa arus zaman.

    wassalamualaikum…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: