Oleh: hadir4hm4n | 4 Juli 2008

Antropologi: Inovasi

Hadi_eR Apr 7th, 2008 at 4:43 pm

Inovasi yang merupakan proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, dan modal. Dengan demikian inovasi itu mengenai pembaruan kebudayaan yang khusus mengenai unsur teknologi dan ekonomi.

Proses inovasi berkaitan erat dengan penemuan baru dalam teknologi. Biasanya merupakan proses sosial yang panjang dan melalui tahapan khusus, yakni discovery dan invention.

Discovery merupakan penciptaan alat-alat baru yang lebih canggih dari alat-alat yang pernah dibuat sebelumnya, sedangkan invention merupakan pengakuan akan penemuan baru tersebut, apabila tidak ada pengakuan, maka tidak akan ada penemuan baru.

Tentu dalam hal tentang penemuan itu ada faktor pendorongnya, anatara lain: (1) kesadaran para individu akan kekurangan dalam kebudayaan; (2) mutu dari keahlian dalam suatu kebudayaan; (3) sistem perangsang bagi aktivitas mencipta dalam masyarakat.

Inovasi juga bisa disejajarkan dengan evolusi, artinya penemuan baru biasanya berupa suatu rangkaian panjang, dimulai dari penemuan-penemuan kecil secara akumulatif atau secara bertimbun menjadi banyak, yang diciptakan oleh sederet pencipta-pencipta. Bedanya ialah dalam proses inovasi individu-individu itu bersifat aktif, sedang dalam proses evolusi individu-individu itu bersifat pasif, bahkan sering bersifat negatif.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: