Oleh: hadir4hm4n | 5 Juli 2008

UN . . . Oh UN

Polemik UN atau Ujian Nasional yang dijadikan standar kelulusan masih terus ramai diperdebatkan. Dari kalangan sekolah baik guru, siswa, dan juga orangtua siswa tidak terlalu setuju dengan kebijakan pemerintah tersebut. Alasan mereka adalah bahwa pengambilan penilaian pada seorang sisa tidak melulu ditentukan atas tingkat kecerdasan otak saja, tapi juga dari keerdasan emosionalnya. Untuk hal ini pemerintah tidak dapat mengetahui secara pasti bagaimana keadaan siswa di seluruh sekolah se Indonesia, hanya guru yang yang tahu secara pasti. Jadi akhirnya peran sekolah kurang besar dalam mebina lulusan yang diharapkan sesuai dengan amanat UUD.

Sebenarnya pengadaan UN itu sangat bagus untuk meningkatkan mutu pendidikan kita, tapi ada baiknya tidak dijadikan sebagai standar kelulusan, karena keadaan wilayah yang berbeda-beda mempengaruhi akan manusianya, tidak semuanya sama. Tidak bisa menyamakan sekolah-sekolah di Jakarta dengan di Irian Jaya misalnya. Jadi, sebaiknya UN hanya dijadikan alat ukur untuk mengetahui bagaimana tingkat rata-rata potensi siswa. Untuk hal kelulusan biarlah sekolah yang mendapat wewenang, karena mereka tahu persis bagaimana anak didik mereka.

UN menimbulkan dampak berupa stress di kalangan pelajar, terutama bagi yang tidak lulus UN tersebut, karena hasil jerih payah mereka menuntut ilmu selama 3 tahun cuma ditentukan 3 hari. Banyak kita lihat di media-media, baik koran maupun elektronik bagaimana pelajar ada yang sampai bunuh diri karena tidak lulus UN. Jadi untuk mencegah itu semua ada baiknya dilakukan perubahan kebijakan tentang UN sebagai standar kelulusan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: